Deteksi News
Featured Kesehatan Viral Terkini

5 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan, Sayang Untuk Dilewatkan

Sutikno – Deteksi News

Deteksinews.co.id – Tempe adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang dibuat dari fermentasi kedelai.

Dilansir dari Healthline, makanan ini kerap termasuk jenis sumber protein nabati yang menyehatkan.

Makanan ini termasuk jenis asupan rendah kalori, lemak, dan natrium. Kalori tempe setiap seporsi atau 84 gram hanya sekitar 162 kkal.

Dalam setiap porsinya, kandungan tempe yakni memiliki 15 gram protein, 9 gram karbohirat, dan 9 gram lemak.

Makanan ini juga diperkaya dengan 9 asam amino esensial, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, antioksidan riboflavin dan niasin.

Mengingat kandungan tempe padat nutrisi, kenali beberapa manfaat tempe untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan berikut ini.

Manfaat tempe untuk kesehatan Dilansir dari BBCFood, ada beberapa manfaat tempe untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, yakni:

Menjaga kesehatan pencernaan

Tempe adalah prebiotik alami. Nutrisi ini bisa menjadi serat alami yang penting untuk pencernaan. Serat ini bisa memberi makan, membantu perkembangan, dan menambah jumlah bakteri baik di usus. Bakteri ini perlu dipertahankan, karena menghasilkan asam lemak rantai pendek yang baik untuk kesehatan.

Menunjang kesehatan tulang

Kandungan tempe seperti kalsium, magnesium, dan fosfor baik untuk menjaga kesehatan tulang. Proses fermentasi alami saat pembuatan tempe juga bisa membuat mineral penting dalam makanan ini lebih mudah diserap tubuh.

Menjaga kadar kolesterol

Setiap produk kedelai mengandung senyawa alami yang disebut isoflavon. Jadi, manfaat makan tempe dari mengonsumsi senyawa ini secara teratur bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total di dalam tubuh.

Membantu mengontrol berat badan agar tetap ideal

Kandungan protein dalam tempe yang relatif tinggi membuat makanan tradisional ini lebih mengenyangkan. Jadi, makanan ini bisa membantu menjaga berat badan, mencegah makan berlebihan, dan mengontrol nafsu makan.

Mencegah penyakit kronis

Kandungan isoflavon dalam tempe juga penting untuk meminimalkan efek radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas berlebih di dalam tubuh bisa memicu stres oksidatif, biang beragam penyakit kronis.

Mengingat ada banyak manfaat tempe untuk kesehatan, tak ada salahnya Anda memasukkan makanan tradisional ini ke dalam menu sehari-hari.

Tapi, pastikan Anda makan olahan tempe yang dimasak dengan sehat. Jangan digoreng. Pilih tempe yang dikukus, ditumis, atau dipanggang.

Sumber – KOMPAS.com

Related posts

Biddokkes Polda Jatim Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Personil Kesehatan

Redaksi

Polda Jatim Luncurkan 12 Unit Mobil INCAR dan Resmikan Aplikasi SKRIP

Redaksi

Kapolres Beltim Dampingi Kapolda Babel Pada Penyerahan Bansos di Beltim

Redaksi