Deteksi News
Featured Situbondo

Ketoprak Madura Rantai Alam Pewaris Budaya Bangsa yang Luhur

Suryadi/Murawi – Deteksi News

Bondowoso, (deteksinews.co.id) – Kehadiran ketoprak budaya yang berasal dari desa awar awar, kecamatan asembagus kabupaten situbondo, turut menyemarakkan khasanah kesenian tradisional di Kabupaten Situbondo.

Menurut pimpinan ketoprak rantai alam “Tolak” kronologis kesenian ini berdiri pada tahun 1971 dan beranggotakan 50 orang.

Dikatakan pula, ketoprak rabtai alam sering kali manggung pada acara acara sakral seperti acara pernikahan, khitanan yang tak hanya diwilayah situbondo, namun juga di belahan wilayah tapal kuda seperti bondowoso, probolinggo dan banyuwangi.

“Saya bersyukur bisa melestarikan budaya bangsa ini yang sekaligus masih mendapat kepercayaan masyarakat karena sejatinya kesenian ini merupakan budaya luhur di belan bumi nusantara ini,”ungkap Tolak selaku pewarisnya.

“Hal ini bisa dibuktikan sejauh ini setiap tahunnya bsa mengisi kegiatan mencapai 30—40 efen bahkan bisa lebih. Pewaris kesenian luhur ini juga berharat kedepannya budaya luhur bangsa ini tetap bertahan tampa adanya kontaminasi budaya asing,”tutupnya.

Related posts

Kasus Raskin Dasuk Laok Masuk Babak Baru, Inspektorat Bakal Panggil Mantan Pj dan Kades

Redpel

PT Garam Rayakan HUT Ke-76 dan Launching 3 New Produk

Redpel

Dirikan Gerai Binmas, Kasat Binmas Bagikan Nasi Kotak dan Masker Gratis Untuk Warga Kurang Mampu

Redpel

Leave a Comment