Deteksi News
Featured Madura Travel & Wisata

Jambleng, Kuliner Khas Sumenep Nikmatnya Bikin Ngiler

Hilman JR – Deteksi News 

Sumenep, Deteksinews.co.id – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memang kaya ragam budaya, cagar alam, destinasi wisata hingga kulinernya.

Jadi, tidak heran jika mampu membuat wisatawan baik wisatawan lokal hingga mancanegara betah dan ingin kembali berkunjung ke kabupaten paling ujung pulau garam ini.

Terletak sekitar 25 KM ke arah barat dari jantung Kota Kabupaten yang akrab disebut Kota keris itu ada sebuah kuliner atau jajanan khas yang jarang ditemukan di daerah lain.

Kuliner tersebut diberi nama “Jambleng”. Diketahui, kuliner atau jajanan tersebut tepatnya berada di Desa Ketawang Daleman, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep.

Kuliner Jambleng ini sangat akrab dengan lidah masyarakat Ganding. Oleh sebab itu, banyak masyarakat Ganding yang suka dengan jenis kuliner ini.

Salah satu penjual sekaligus memproduksi kuliner Jambleng, Fatimah menyampaikan, kuliner Jambleng tersebut banyak diminati oleh masyarakat setempat hingga luar kecamatan.

“Alhamdulillah Jambleng hasil produksi saya sendiri sangat diminati oleh warga disini. Sehingga baru dibuka sekitar pukul 07.00 WIB, pagi. Tidak nyampek 1 jam sudah ludes diserbu pembeli,” katanya kepada media ini. Rabu (20/7/2022).

Ditanya soal berapa omset perhari dari hasil memproduksi dan langsung menjual kuliner Jambleng itu, Fatimah menyebutkan sekitar 300 hingga 500 ribu perharinya.

“Harganya murah hanya seribu rupiah per-biji. Kalau omset perharinya ngak bentuk mas, karena tergantung berapa banyak mampu saya produksi. Biasanya sekitar 300 hingga 500 ribu rupiah,” ujar Fatimah.

Fatimah juga menjelaskan, bahwa kuliner Jambleng itu berbahan dasar Ketela Pohon dan gula merah.

Dia juga menjelaskan proses pembuatannya mulai dari awal hingga bisa dinikmati oleh pelanggannya.

“Pertama kita memilih ketela pohon (Sabreng, Bahasa Madura) yang bagus. Kemudian dikupas dan dicuci bersih,” terang Fatimah.

“Lalu kemudian Ketela Pohon itu dipotong-potong lalu direbus hingga matang. Sambil menunggu matang kita menyiapkan gula merah dengan dipotong kecil-kecil,” imbuhnya.

Setelah Ketela Pohon itu matang, sambung Fatimah, kemudian ditiriskan, baru setelah agak dingin ditumbuk hingga halus dan empuk.

“Setelah ditumbuk kemudian di bulat-bulatkan seperti bola pimpong dan bagian dalamnya kemudian diisi dengan gula merah yang dipotong-potong tadi,” ujarnya.

“Setelah selesai di bulat-bulatkan, lalu digoreng hingga warnanya kuning kemerah-merahan. Maka siap dech dijual kepada pelanggan,” ungkapnya menjelaskan.

Selain itu, Fatimah juga menjelaskan, untuk menikmati kuliner Jambleng yang bikin ngeler itu, menurutnya lebih maknyus dinikmati ketika masih hangat.

”Menurut pelanggan saya, Jambleng buatan saya ini katanya enak, empuk dan nikmat karena ketika digigit meledak di mulut dan terasa manis-manisnya,” tukasnya.

Jika anda ingin menikmati Kuliner khas Desa Ketawang Daleman, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep ini bisa datang jam 07.00 di Jl. Larangan, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep.

Related posts

Yonif R 514/SY/9/2 Kostrad Melaksanakan Upacara Sertijab Danyonif R 514/SY

Redpel

Tiga Puluh Penyandang Tuna Netra Buka Bersama di Balai Desa Olean

Redpel

Janji Bupati Salwa Meleset, Bosda Madin 12 Bulan Ternyata Hanya 2 Bulan

Redpel

Leave a Comment