Deteksi News
Life Style Madura Nasional Viral Terkini

Kunker ke Sumenep, Presiden Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo

Pewarta : Matlimin | Editor : Helman JR

Sumenep, Deteksinews.co.id – Kunjungan kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dalam rangka meresmikan Bandara Udara Trunojoyo. Rabu (20/4/2022).

Hadir mendampingi Presiden Jokowi, menteri Pertahanan Prabowo Subianto, menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menteri Sekretaris Negara, dan menteri BUMN Erick Thohir.

Tibanya di Kabupaten paling ujung pulau Madura, Presiden Jokowi beserta rombongan disambut langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi di Bandar Udara Trunojoyo Madura.

Selain itu, Presiden Jokowi beserta rombongan juga disambut dengan tarian muang sangkal tarian khas kabupaten Sumenep.

Pantauan media Deteksi News dilokasi acara, peresmian Bandara Udara Trunojoyo yang dibangun sejak tahun 1975 dan pernah diresmikan oleh presiden Soeharto, kini kembali diresmikan oleh Presiden Jokowi yang ditandai dengan pemukulan gong dan disambut tepuk tangan meriah oleh sejumlah pejabat yang hadir.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa bandara Udara Trunojoyo telah siap untuk dimanfaatkan dalam melayani transportasi kebutuhan masyarakat dan pulau-pulau lainnya di sekitar madura.

“Mulai saat ini Bandara Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep ini sudah siap melayani transportasi masyarakat dalam kepentingan apapun,” kata Presiden Jokowi. Rabu (20/4).

Lebih lanjut, Politisi PDI Perjuangan itu juga menekankan bahwa Bandara sangat penting untuk meningkatkan konektivitas serta memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar pulau Madura dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil disekitar pulau madura.

“Dengan adanya Bandara ini akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau disekitar pulau madura yang jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang dengan menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja,” terang Jokowi.

Dirinya juga yakin dengan konektivitas yang semakin baik, mobiltas masyarakat akan semakin mudah dan lancar dan titik perkomian baru akan tumbuh.

“Dengan adanya Bandara Udara ini diharapkan perekonomian akan tumbuh dan usaha baru akan bermunculan, kesempatan kerja baru akan bertambah serta usaha yang sudah ada dapat semakin berkembang dan maju,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula Presiden Jokowi meminta kementerian perhubungan agar diusahakan ada penerbangan Surabaya-Sumenep dan Jakarta-Sumenep, untuk diuji apakah penumpang penuh.

“Saya minta Menhub untuk melakukan uji coba penerbangan dengan rute Sumenep-Jakarta,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam laporannya mengatakan, bahwa Bandar Udara Trunojoyo berdiri diatas tanah 34 hektar dengan panjang Runway 1600 meter dan gedung seluas 3600 meter persegi ini menggunakan dana APBN.

Menhub juga menyampaikan terimakasih kepada Presiden, sebab dengan adanya Bandar Udara sangat penting dan berharga bagi masyarakat Madura.

“Diharapkan banyak potensi yang bisa berkembang dan terimakasih kesemua stakeholder, pemda, dan tokoh ulama yang membantu dalam pengembangan bandara ini,” tutup Menhub Budi.

Related posts

Dinas Pendidikan Sumenep Apresiasi Pagelaran Lomba Big Book 

Redpel

Sukseskan Herd Immunity, Polres Pamekasan Gelar Vaksinasi Terpadu

Redpel

Inovasi Baru, Disdik Sumenep Sosialisasikan Aplikasi Penilaian Angka Kredit Online

Redpel

Leave a Comment