Deteksi News
Bondowoso Featured

Kata Siapa Pemerintahan Sabar Tanpa Pungli? Dugaan Pungli Lingkungan Dikdikbud Rp. 1450.000 Viral

Redaksi – Deteksi News

Bondowoso, (deteksinews.co.id) – Jargon Pemerintahah Salwa Irwan (Sabar) tentang bebas Pungutan liar (Pungli) dan Jual Beli Jabatan, bisa saja hanya pemanis buatan saja. Pasalnya, di beberapa sekolah saat ini lagi viral tentang pungli yang cukup fantastis. Bahkan iuran yang sudah terbayar itu berstempel “Komite Sekolah” senilai Rp.1450.000 untuk pembayaran operasional sekolah selama tiga bulan dan kegiatan insedentil.

Menanggapi hal tersebut, koordinator LSM Jaka Jatim Jamharir mengatakan bahwa hal tersebut sangat memalukan pemerintah apalagi saat ini kondisi ekonomi masyarakat masih belum stabil.

Untuk itu, ia meminta agar dewan pendidikan tidak tinggal diam dan mengusut kasus tersebut. Bahkan pihaknya siap melaporkan kasus tersebut ke polres.

“Ini jelas memalukan, dan saya yakin komite sekolah tidak sendirian melainkan tentu atas perintah atasannya. Tanpa perintah tak mungkin komite sekolah berani,” ujarnya.

Berdasarkan temuan lsm jaka jatim, saat ini komite sekolah masih tumbuh subur dan wali murid dipaksa teken iuran sukarela. “Mereka bersembunyi di ketiak suka rela untuk menghindari komplin. Tapi jika ini acak random, pasti akan banyak yang protes, ” ujarnya. Ia juga berharap agar penegak hukum turun dan memproses kasus tersebut.

Sedangkan salah satu pengurus dewan pendidikan, Miftahul Huda mengemukakan bahwa pihaknya juga mendengar dugaan pungli di Lingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan. “Sudah saya dengar. Nanti kami tindak lanjuti. Kami harap segera dikembalikan uang yang sudah terlanjur disetor atau kita laporkan ke polisi. Saya simpel aja,” katanya.

Related posts

Polres Kediri Gandeng Media Sosialisasikan Harkamtibmas dan Penegakan Hukum

Redaksi

Layanan SIM di Sidoarjo Resmi Pindah di Gedung Satpas Baru

Redaksi

Kadis PUPR Probolinggo Melakukan Langkah Tegas Kepada Kontraktor yang di Duga Langgar Aturan

Redaksi