Deteksi News
Bangka Belitung Featured

Tim Gabungan Giat Operasi Yustisi di Wilayah Gantung Belitung Timur

Alfin – Deteksi News

Gantung, Beltim, (deteksinews.co.id) – Tim Gabungan Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Prokotol Kesehatan Kabupaten Belitung Timur kembali melaksanakan sosialisasi dan operasi penegakan protokol kesehatan di wilayah Gantung, Rabu malam (13/10/2021). Meski masih ditemui adanya pelanggaran, namun jumlahnya terbilang sangat kecil.

Operasi yang dimulai sejak pukul 20.00 ini, menyasar para pelaku usaha baik warung kopi atau café di daerah Danau Nunjau maupun tempat nongkrong di kawasan pusat Kota Gantung. Para pengguna kendaraan yang melintas juga ikut jadi sasaran.

Hasil pelaksanaan operasi yustisi terhadap estimasi 50 tempat usaha yang diamati, didapati tiga tempat usaha yang tidak mematuhi protokol kesehatan yakni Himbauan Penggunaan Masker, Penyediaan Tempat Cuci Tangan dan Pengaturan Jarak Antar Pengunjung. Tingkat kepatuhan pelaku usaha sebesar 94 persen.

Kepala Satpol PP Kabupaten Beltim Beltim Zikril mengatakan akan rutin melaksanakan kegiatan operasi yustisi sepanjang tahun 2021 ini di seluruh Kecamatan, meski saat ini kasus COVID-19 di Kabupaten Beltim sudah melandai.

“Kita rutin melaksanakan, setahun total 20 kali. Ada siang dan malam, intinya kita tidak boleh kendor untuk terus mengingatkan masyarakat bahwa COVID masih ada, meski sekarang kasusnya melandai,” kata Zikril.

Diakui Zikril penggunaan masker dan mencuci tangan sudah menjadi budaya sehari-hari di masyarakat. Menurutnya, tidak terlepas dari kerja keras dari TNI/Polri serta Satpol PP dan Linmas yang siang malam terus melakukan sosialiasi berbuah hasil.

“Sudah budaya, terutama penggunaan masker karena masyarakat sudah terbiasa. Kita melaksanakan kegiatan semacam ini kan sudah jalan dua tahunan, dari 2020 sampai 2021,” ungkap Zikril.

Zikril berharap masyarakat Beltim akan terus menerapkan disiplin protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai pihak keamanan dan ketertiban, Satpol PP tidak akan berhenti untuk terus mengingatkan masyarakat.

“Kita tidak akan pernah berhenti. Kita bukan ingin menakut-nakuti masyarakat, kita tetap monitoring kalau pun ada yang masih melanggar kita berikan tindakan terukur,” ujar Zikril.

Related posts

Kapolda Bali Terjun Langsung Kawal Pengamanan Presiden Prancis yang Jalan Kaki 2 Kilometer

Redaksi

Hari Kesehatan Nasional 2021, Bupati Ipuk Beri Penghargaan Kepada Polresta Banyuwangi

Redaksi

Dalam Rangka HUT RI ke 77, Desa Besuki Adakan Sholawat Bersama

Redaksi