Deteksi News
Featured Tapal Kuda

Tim Penilai Provinsi Kunjungi Posyandu Desa Ringkit Kecamatan Kuranji Tanbu Kalsel

Edy S – Deteksi News

Tanah Bumbu, (deteksinews.co.id) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menerima kunjungan Tim Penilai Lomba Posyandu Provinsi Kalimantan Selatan yang akan melakukan Klarifikasi Lapangan di Posyandu Widuri Kecamatan Kuranji. Bertempat di Gedung Seni Budaya dan Olah Raga Desa Ringkit, rombongan Tim Penilai diterima dan disambut oleh TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Pokjanal Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Kesehatan, Dinas PMD, Camat Kuranji, TP PKK Kecamatan, Pokjanal Kecamatan, Lintas Sektor Kecamatan Kuranji, Kepala Desa dan unsur-unsur terkait, Sabtu (02/10/2021).

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penilai Lomba, Ibu Nurul Ahdani menyampaikan bahwa penilaian hari ini adalah klarifikasi atau tindak lanjut untuk menyesuikan antara data-data dan informasi dengan keadaan dilapangan sebagaimana yang disampaikan pada saat penilaian beberapa waktu yang lalu secara daring atau virtual.
Ibu Nurul Ahdani mengatakan bahwa Kabupaten Tanah Bumbu telah beberapa kali mengikuti kegiatan lomba dan pernah mewakili Provinsi Kalimantan Selatan di tingkat Nasional. Ia berharap bahwa pada lomba kali ini, Posyandu Widuri Kecamatan Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu juga bisa menjadi yang terbaik di lomba tingkat provinsi dan menjadi wakil untuk mengikuti lomba di tingkat nasional. Tentunya hasil dari semua ini adalah berkat kerjasama yang baik dari semua pihak dan unsur, dari Pemerintah Daerah, Kecamatan, Pemerintah Desa, para Kader dan pihak-pihak terkait lainnya.

Sebelumnya, Camat Kuranji Muhammad Amin, SP dalam sambutannya pada saat membuka acara atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan bahwa, pelaksanaan Lomba Posyandu ini sangat relevan dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, baik dalam upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat, maupun untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan, mengingat masalah kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat sekaligus menjadi variable untuk mengukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Setelah menyaksikan Yel-yel dan penyampaian atraksi dari para Kader Posyandu Widuri Desa Ringkit serta pemaparan oleh Kader Penyuluh Terbaik Tanah Bumbu dari Desa Mangkal Api Kecamatan Teluk Kepayang, rombongan Tim Penilai melakukan penilaian atau verifikasi secara langsung ke lapangan untuk memeriksa administrasi Posyandu yang dipegang oleh masing-masing kader sesuai fungsinya dan meninjau kebun, kolam, fasilitas posyandu serta lingkungan posyandu itu sendiri.

Dalam sebuah kesempatan terpisah, Camat Kuranji Muhammad Amin, SP menyampaikan kepada salah satu Anggota Tim Penilai Lomba terkait pertanyaan tentang dukungan pemerintah Kabupaten dan Kecamatan tentang kelembagaan yang didalamnya salah satunya adalah Posyandu sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018.

Ia mengatakan bahwa, Kabupaten Tanah Bumbu telah membuat Peraturan Bupati tentang Lembaga Kemasyarakatan dan Kelurahan yakni Peraturan Bupati Tanah Bumbu Nomor 11 Tahun 2020.

Terkait dengan Posyandu sendiri, Camat Kuranji menambahkan bahwa Kecamatan selaku penerima limpahan kewenangan untuk melakukan evaluasi terhadap penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, bahwa dalam APBDesa telah dilakukan pemberian porsi yang cukup untuk pembinaan masyarakat dan kesehatan masyarakat. Pada tahun 2021 ini saja, untuk Desa Ringkit Kecamatan Kuranji, khusus dibidang kesehatan, dianggarkan lebih dari 200 juta untuk kegiatan kesehatan, baik untuk pembangunan infrastruktur penunjang kesehatan, alat-alat kesehatan, penunjang pelaksanaan posyandu sampai dengan pemberian insentif bagi para kadernya.

Posyandu merupakan salah satu program yang memiliki peran besar dalam memantau tumbuh kembang anak, serta kesehatan mereka, sehingga dapat mencegah penyakit pada anak seperti stunting dan gizi buruk.

“Dengan mengikuti lomba ini, diharapkan meningkatkan pelayanan Posyandu yang lebih prima di desa,jumlah partisipasi masyarakat serta pelaksanaan program kesehatan di tiap-tiap keluarga akan semakin baik dan tentunya kita berharap, Posyandu Widuri Desa Ringkit akan membawa nama harum Kecamatan Kuranji khususnya dan Kabupaten Tanah Bumbu pada umumnya di level Provinsi dan semoga smpai ke tingkat nasional tentunya,” tutup Muhammad Amin, Camat Kuranji.

Related posts

Kapolres Bondowoso Lakukan Sidak di Apotik-apotik

Redaksi

Bupati Sumenep Uji Coba Penerbangan Pesawat Terapung ke Pulau Oksigen

Redaksi

KPK Tetapkan Bupati HSU Abdul Wahid Tersangka

Redaksi