Deteksi News
Banyuwangi Featured

Kemenkumham Jatim: Penguatan Pembangunan Zona Integritas Dilapas Kelas IIA Banyuwangi

Dhonny Martha – Deteksi News

Banyuwangi, (deteksinews.co.id) – Lapas kelas IIA Banyuwangi beberapa waktu yang lalu telah dinyatakan lolos On Desk Evaluation dari Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kemenkumham dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Kanwil Kemenkumham Jatim selaku pembina terhadap satuan kerja dibawahnya terus gencar melakukan penguatan dan pendampingan.
Senin (28/06/2021).

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono,Berikan Penguatan Pembangunan Zona Integritas di Lapas kelas IIA Banyuwangi, menggelar sidak (inspeksi mendadak) di Lapas kelas II A Banyuwangi. Dalam kegiatan itu, diperoleh sejumlah barang seperti Handphone yang tidak semestinya dimiliki oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang akhirnya disita
Dan barang dikumpulkan di lapangan, tim langsung menghancurkan barang sitaan tersebut menjadi berkeping-keping. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan barang yang sudah disita. “Saya minta palu, kita langsung hancurkan barang sitaan ini,” tegasnya.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut arahan dari Dirjen Pemasyarakatan dan Itjen Kemenkumham. Dimana, salah satu kunci untuk menyukseskan pemasyarakatan adalah dengan melakukan deteksi dini dan pemberantasan narkoba. Dari kegiatan ini saja, kita akan mendapatkan dua diantara tiga kunci mensukseskan pemasyarakatan, “kata Krismono.

Lapas Kelas IIA Banyuwangi yang mendapatkan penguatan pembangunan Zona Integritas (ZI) dari Pimpinan Tinggi Pratama. Rombongan Pimti dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono serta didampingi Kadiv Pemasyarakatan Hanibal dan Kadiv Administrasi Indah Rahayuningsih.

Sebelum melakukan penguatan, para Pimti terlebih dahulu meninjau pembenahan yang telah dilakukan oleh Lapas Banyuwangi guna mempersiapkan penialaian dari Tim Penilai Nasional (TPN) KemenpanRB. Para Pimti melakukan pengecekan pada ruang layanan kunjungan, kebersihan lingkungan kantor serta proses pengolahan makanan untuk Warga Binaan di dapur Lapas.

Membuka acara, Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto menyampaikan bahwasanya Lapas Banyuwangi saat ini sedang melakukan beberapa pembenahan pada lingkungan kantor, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dan Warga Binaan. Wahyu berharap agar para jajarannya dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius. “Penguatan ini merupakan hal yang sangat penting bagi kita, saya berharap dengan adanya penguatan ini dapat menumbuhkan motivasi dan menjadi penyemangat bagi kita untuk melaksanakan tugas dan fungsi sehari – hari dengan baik” ujarnya.

Mengawali sambutan dari Pimti, Kadiv Pemasyarakatan Hanibal mengatakan bahwa salah satu hal yang dapat membuat satuan kerja gagal memperoleh predikat WBK adalah masih ditemukannya handphone dan narkoba di dalam Lapas. Oleh karena itu, seluruh petugas Lapas Banyuwangi harus saling berkomitmen untuk memberantas peredaran handphone dan narkoba di Lapas Banyuwangi. “Target kita di tahun 2021 ini seluruh Lapas dan Rutan di Jawa Timur sudah bebas dari Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba)” ucap Hanibal.

Sedangkan Kadiv Administrasi Indah Rahayuningsih memberikan beberapa strategi untuk menghadapi penilaian dari TPN. “Tingkatkan komitmen pimpinan, luruskan kesadaran terhadap hal – hal yang tidak benar, tingkatkan inovasi yang dapat mempermudah layanan serta pastikan tidak ada pemberitaan negatif terhadap Lapas Banyuwangi” papar Indah.

Indah juga berpesan agar seluruh jajaran Lapas Banyuwangi melakukan koreksi dan melakukan pembenahan pada setiap bagian, terutama yang berkaitan dengan pelayanan. “Lakukan evaluasi secara berkala, dan selalu harus siap melayani karena Mistery Shopper bisa datang kapan saja tanpa kita ketahui” tutur Indah.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono menegaskan bahwasanya seluruh petugas Lapas Banyuwangi harus keluar dari zona nyaman, yang dalam hal ini harus merubah mindset dan budaya kerja dari yang biasanya dilayani menjadi melayani. Krismono kembali mengingatkan kepada seluruh petugas.

Related posts

DIHARI HUT TNI KE 76 Kapolresta Banyuwangi Berikan Kejutan Untuk Dandim dan Danlanal

Redaksi

Polres Tuban Amankan Tersangka Pencabulan Anak dibawah Umur

Redaksi

Pembahasan RKPD dan RPJMD Digelar di Kota Batu, Ketua DPRD Sumenep Malah Mendukung

Redaksi