Deteksi News
Bangka Belitung Featured

Camat Manggar: Produk UMKM “Manggar Berdaya” Akan Bisa Bersaing

Alfin – Deteksi News.

Manggar, Beltim, (deteksinews.co.id) – Camat Manggar Abdul Rachim selaku fasilitator kerjasama mengatakan pengiriman berbagai UMKM baik madu, sirup kelubi, kripik sukun, kerupuk hingga ikan asin dapat menggunakan jasa PT Pos untuk mendapatkan fasilitas khusus pemotongan biaya pengiriman.

Saat ini fasilitas khusus berupa diskon biaya pengiriman dari PT Pos Indonesia hanya diperuntukkan bagi 266 UMKM yang ada di Komunitas Manggar Berdaya. Namun tidak menutup kemungkinan adanya tambahan bagi UMKM di Kecamatan Manggar yang ingin bergabung.

“Pemotongan biaya pengiriman mulai berlakunya besok (25/6/21). Untuk UMKM yang ada di bawah komunitas Manggar Berdaya,” kata Boim sapaan akrab Abdul Rachim.

Boim berharap dengan adanya pemotongan biaya pengiriman akan membuat harga produk UMKM Manggar dapat mampu bersaing dengan UMKM di luar daerah. Dengan ongkos kirim yang lebih murah harga di tingkat konsumen dapat jauh berkurang.

“Kami berharap produk UMKM kita mampu bersaing dengan produk yang ada di luar, sesuai Visi Misi Bupati Beltim yang ingin menciptakan wira usaha muda yang mandiri di Kabupaten Beltim,” ujar Boim.

Koordinator Komunitas UMKM Manggar Berdaya, Yuliandra,  menyatakan dengan adanya pemotongan biaya pengiriman akan membuat produk UMKM lokal jadi lebih diminati. Diakuinya, mahalnya biaya pengiriman membuat pelaku UMKM terpaksa harus memotong biaya produksi dan keuntungan.

“Dulu kami tidak bisa bersaing dengan UMKM luar terutama masalah harga, karena ongkos pengiriman mahal. Nyiasatinya, kami memotong ongkos di produksinya, akhirnya keutungan terpangkas, UMKM pun jalan di tempat,” ungkap Yuli.

Yuli pun bersyukur permasalahan biaya ongkos kirim dapat teratasi. Perhatian dari Pemkab Beltim seperti ini yang menurutnya dapat membuat UMKM mampu tumbuh subur.

“Terobosan ini luar biasa. Kami merasa diperhatikan karena sebelumnya kami merasa jalan sendiri tapi berkat terobosan dari Kecamatan Manggar kami merasa sangat terbantu,” ucap Yuli.

Related posts

SMAN 1 Besuki Adakan Kegiatan Perpisahan dan Pelepasan Kelas XII

Redaksi

Peringati Hari Bhayangkara ke-76, Polres Beltim Gelar Doa Bersama Lintas Agama di Joglo Patriatama.

Redaksi

Bripka Purwanto, Sosok Polri Penggerak Cinta Sholawat Kalangan Pelajar dan Remaja

Redaksi