Deteksi News
Featured Madura Tapal Kuda

Panitia Pilkades Ketawang Larangan Tetapkan Calon Kades

Hilman – Deteksi News

Sumenep, (deteksinews.co.id) – Panitia pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ketawang Larangan, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar rapat Penetapan Calon Kepala Desa ( Cakades). Selasa (22/06/2021).

Penetapan Cakades tersebut bertempat di sekretariat Panitia Pilkades di Balai Desa Ketawang Larangan. Hadir pada kesempatan tersebut, Camat Ganding beserta Forpimka, PJ Kades Ketawang Larangan, BPD, serta Dua Calon Kades yang akan bertanding.

Pantauan media Deteksinews.co.id rapat tersebut diawali dengan sambutan dari camat dan himbauan Kamtibmas dari Kapolsek dan Danramil Ganding.

Camat Ganding, Faruk Hanafi dalam sambutannya mengapresiasi Masyarakat Ketawang Larangan, karena mulai dari awal pendaftaran hingga penetapan calon Desa Ketawang Larangan menurutnya kondusif tidak ada persoalan apapun.

“Saya sangat bangga sekali terhadap Desa Ketawang Larangan ini. Desa yang lain lagi ramai polemik tapi di Desa ini aman-aman saja dan kondusif. Tidak ada sama sekali persoalan apapun terkait efek Pilkades, sekali lagi saya salut terhadap masyarakat Larangan ini,” katanya dihadapan para calon Kades dan peserta rapat. Selasa (22/06).

Selanjutnya, Ketua Panitia, Suaidi membacakan petikan Surat Keputusan (SK) penetapan Calon Kepala Desa (Cakades) pada Pilkades Serentak Tahun 2021, dengan nomor : 01/panitia/VI/2021.

“Nama calon kepala desa yang berhak dipilih dalam pemilihan Kepala Desa, Desa Ketawang Larangan, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, tahun 2021 bernama Zaini dan Achmad Muhaimin,” demikian kata Suaidi saat membacakan SK penetapan Calon Kades dengan diakhiri ketuk palu tiga kali.

Sesi selanjutnya, panitia menggelar pengundian nomor urut Calon Kades dan penetapan gambar atau foto calon Kades.

Sebelum dilakukan pengundian, Ketua Panitia Suaidi, terlebih dahulu memberikan kesempatan kepada Kedua Cakades untuk menentukan mekanisme penentuan nomor urut.

“Silahkan kedua calon berembuk terkait mekanisme penetapan nomor urut Calon Kades,” ujar Suaidi kepada kedua Calon.

Setelah diberikan kesempatan, kedua calon bersepakat untuk diundi dan mekanismenya dipasrahkan kepada panitia. “Sepakat diundi saja, saya rasa itu yang terbaik,” ujar Cak Imin panggilan akrab Cakades Achmad Muhaimin.

Selanjutnya, setelah ada kesepakatan dari kedua Cakades, panitia memulai melakukan pengundian dua kali. Pengundian pertama untuk menentukan siapa yang akan mengambil duluan lotre nomor urut yang di siapkan panitia. Sementara pengundian yang pertama adalah penentuan nomor urut yang akan dipakai untuk surat suara dan kampanye.

Pada pengundian pertama Cakades Achmad Muhaimin mendapatkan nomor 1, sedangkan Zaini mendapatkan nomor 2. “Jadi yang berhak mengambil lotre pengundian pertama adalah Bapak Achmad Muhaimin,” kata Ketua Panitia.

Kemudian pada pengundian yang kedua, Cakadas Achmad Muhaimin mengambil duluan lotre nomor urut yang disiapkan oleh panitia. Setelah kedua calon sama-sama sudah mengambil nomor urut kemudian dibuka bersamaan dan ditunjukkan kepada panitia dan peserta rapat.

Setelah dibuka, Cakades Zaini mendapatkan nomor urut 01 dan Cakades Achmad Muhaimin nomor urut 02. “Dengan ini kami tetapkan Bapak Zaini nomor urut 01 dan Bapak Achmad Muhaimin nomor urut 02 pada Pilkades Serentak Tahun 2021 di Desa Ketawang Larangan,” ungkapnya.

Ketua Panitia Pilkades Ketawang Larangan, Suaidi mengatakan sangat bersyukur penetapan dan pengundian nomor urut Calon Kepala Desa berjalan lancar dan aman.

“Kita berharap pada ajang pemilihan kepala desa ini berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Sehingga dapat melahirkan pemimpin yang betul-betul diharapkan oleh masyarakat Desa Ketawang Larangan,” tuturnya usai rapat Penetapan Cakades.

Kemudian dia berharap, karena Pilkades tahun 2021 ini berada dalam kondisi Pandemi Covid-19, kedua calon beserta para pendukungnya untuk patuh terhadap undang-undang yang berlaku dan protokol kesehatan (Prokes).

“Karena kondisi saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, saya harapkan Masyarakat mentaati protokol kesehatan, seperti mau divaksin, memakai masker dan cuci tangan,” harapnya.

Related posts

Grand Opening HSN 2021 PC NU Sumenep Berlangsung Khidmat

Redaksi

Kapolresta Banyuwangi Telah Resmi Berganti

Redaksi

Do’a Terbaik dari Gubernur Jatim untuk Irjen Pol Nico Afinta

Redaksi