Deteksi News
Bondowoso Featured

Gilisen Alat Penggiling Jagung Kuno Ternyata Masih Ada dan Terpakai di Desa Jebung Kidul

Bagus – Deteksi News

Bondowoso, (deteksinews.co.id) – Unik juga antik, gilisen merupakan alat kuno terbuat dari batu yang di desain secara halus untuk menghaluskan jagung ternyata masih ada bahkan masih di fungsikan.

Alat penghalus jagung atau lebih dikenal dengan nama Gilisen ini milik pak Nur Biani warga Dusun Karang Sengon Tlageren RT. 22 Desa Jebung Kidul Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso. Alat kuno ini diketahui oleh Pemerintahan Desa Jebung Kidul saat kunjungannya di dusun tersebut.

Dijelaskan oleh Kepala Desa Jebung Kidul, Samsiadi kepada Deteksi News,”Gilisen, bahannya dari batu yang di rapikan, untuk menggiling jagung dan memisahkan antara katul jagung sama beras jagungnya,”katanya.

“Dari gesekan ini orang tua kita dahulu membesarkan anak-anak kita hingga menjadi orang orang hebat, maka jangan lupakan sejarah dengan kreatifnya orang tua kita dulu,”tambahnya.

Perihal masih berfungsinya Gilisen milik warga itu diketahui oleh Kepala Desa Samsiadi bersama perangkat desanya saat Kunjungan pemdes dalam rangka melihat area lahan pekarangan yang tidak produktif untuk tanam porang 2022.

Related posts

Polres Ngawi Beri Pembinaan pada Para Pelajar, Cegah Kenakalan Remaja

Redaksi

Berikan Himbauan Patuh Prokes Polwan Polda Jatim Berbagi Sembako

Redaksi

Aksi Nekat Seorang Pria yang Diduga Lakukan Pencurian Berhasil di Bekuk Polisi

Redaksi