Deteksi News
Bondowoso Featured

Taman Mutiara Berikan Beasiswa Penghafal Al-Quran dan Siswa yang Aktif Sholat Shubuh Berjamaah

Redaksi – Deteksi News

Bondowoso, (deteksinews.co.id) – Sebagai salah satu ikhtiar membentuk generasi Qur’ani, Masjid An-Nur, Perumahan Taman Mutiara, Desa Pejaten, Kecamatan Kota Bondowoso memberikan beasiswa kepada puluhan siswa dan siswi yang telah mengikuti program menghafal Al-Quran dan siswa siswi yang mengikuti gerakan sholat shubuh berjamaah di lingkungan perumahan, Rabu (5/Mei/2021) bertempat di Masjid An-Nur Taman Mutiara sesaat setelah selesai melaksanakan sholat tarawih bersama.

Menurut Ustad Rasyid selaku tenaga pendidik di Masjid An-Nur Taman Mutiara, siswa yang menerima beasiswa tersebut terdiri dari 30 putri dan 50 putra.

“Mereka kita berikan beasiswa seluruhnya. Beasiswa ini berasal dari para donatur dan infaq Masjid. Program taman mutiara menghafal Al-Quran ni sudah memasuki periode ke 7 yang dimulai pada tahun 2018. Sedangkan gerakan sholat shubuh berjamaah merupakan salah satu program yang masih memasuki periode ke dua yakni mulai tahun 2020,” ujarnya.

Dalam melaksanakan program taman mutiara menghafal Al-Quran ini, Kata ustad Rasyid biasanya dilaksanakan setelah selesai sholat magrib hingga selesai sholat isak. Mereka selain menghafal di rumah juga dilakukan di Masjid. “Jadi mereka setor hafalan tiap saat sesuai jadwal yang sudah kita tentukan. Sedangkan untuk program sholat shubuh berjamaah adalah dengan menggunakan sistem absensi. Setelah selesai sholat shubuh berjamaah para siswa ini menyodorkan buku absen yang ditandatangani oleh imam yang menjadi imam solat subuh,” katanya.

Pada malam penyerahan beasiswa ini ada tiga nominator kategori terbaik yang terdiri dari 3 Nominator puteri dan 3 Nominator putera. “Ada nominator siswa yang tekun dan datang lebih awal untuk adzan sholat shubuh dan dzikir, ada juga yang menjadi pelopor gerakan sholat shubuh berjamaah, mereka tiap shubuh mengajak teman temannya. Awalnya hanya 30 anak sekarang sudah ada 80 anak yang aktif dalam gerakan sholat shubuh berjamaah,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, beasiswa diberikan oleh sejumlah ustad, ketua RT dan sejumlah wali murid. ” Kita berharap ke depan lebih baik lagi,” katanya.

Acara tersebut berlangsung khidmat dan dihadiri oleh puluhan wali santri.  Sebelum acara penyerahan di mulai ustad suyanto membacakan doa Kholil Quran.

Sementara itu, Takmir Majid An Nur Ustad Yusuf mengharapkan agar program tersebut terus berjalan dan lebih ditingkatkan lagi. Ia berharap generasi berikutnya adalah generasi yang mampu menjadikan Al-Quran sebagai pedoman kehidupan.

Related posts

Ini Pesan Kapolda Jatim Usai Sholat Maghrib Berjamaah di Masjid Al Ma”ruf Banyuwangi

Redaksi

Wujud Kerja Keras Polres Bondowoso Ungkap Kasus Pengedaran Narkotika Dalam Sepekan

Redaksi

Kadiv Humas Polri : “Info Soal Bunker Rp. 900 Miliar Tidak Benar

Redaksi